cover
Contact Name
Eddy Noviana
Contact Email
eddy.noviana@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6281365426537
Journal Mail Official
primary@ejournal.unri.ac.id.
Editorial Address
Gedung B1, FKIP Universitas Riau Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam Pekanbaru Riau Indonesia 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Published by Universitas Riau
ISSN : 23031514     EISSN : 25985949     DOI : 10.33578
Core Subject : Education,
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review articles.
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 3 (2022)" : 30 Documents clear
PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK: STUDI KASUS DI DESA SITIREJO KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI Putri Mulyani; Imaniar Purbasari; Santoso santoso
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.4 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan kepribadian sosial anak, dengan rumusan masalah peran orang tua dapat berpengaruh terhadap pembentuan kepribadian sosial anak dan faktor – faktor pembentuk kepribadian sosial anak di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo kabupaten Pati.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua, memberikan pengaruh keberagaman kepribadian anak di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo. Keberagaman kpribadaian yang dimiliki anak di pengaruhi oleh peran orang tua. Meskipun peran yang dilakukan orang tua sama, akan tetapi sikap dalam melakukan perannya tiap orang tua berbeda-beda. Hal tersebutlah yang memberikan pengaruh berbeda-beda dalam kepribadian anak. Faktor- faktor pembentuk kepribadian anak menunjukan bahwa kepribadian anak di pengaruhi dua faktor. faktor internal dan Faktor ekternal. Menurut analisis peneliti terdapat dua dari sepuluh anak yang kepribadiannya dipengaruhi oleh faktor internal  dan delapan dari sepuluh anak kepribadiannya dipengaruhi oleh faktor eksternal. 
KONTRIBUSI PERILAKU DISRUPTIF TERHADAP EKSKLUSI SOSIAL PADA ANAK USIA SD Amin Lestari; Bambang Sumardjoko; Anatri Desstya; Laili Etika Rahmawati; Endang Fauziati
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.076 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8950

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap sebab-sebab perilaku disruptif (PD) pada anak SD, dan menjelaskan kontribusi PD terhadap eksklusi sosial. Riset ini menggunakan desain studi kasus, yang dilaksanakan di sebuah SD di Sragen, Indonesia. Data dihimpun melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Guna menguji validitas data, peneliti menempuh triangulasi. Data yang diperoleh dan dinyatakan valid kemudian dianalisis mengikuti langgkah-langkah yang dikemukakan Miles et al. (2014), yaitu data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa; (a) lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan teman sepermainan, dan lingkungan masyarakat menjadi determinan atas munculnya PD pada anak; (b) proses eksklusi sosial sebagai akibat dari PD dilakukan dalam tiga tahap, yaitu yaitu penilaian kelompok atas risiko PD, pengambilan keputusan untuk mengeksklusi pelaku, dan pembatasan diri dari siswa yang dieksklusi dalam periode waktu tertentu. Penelitian ini berkesimpulan bahwa di antara empat lingkungan yang berpengaruh terhadap PD, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah sebagai determinan paling kuat. Namun dalam beberapa kasus, adanya role model dalam lingkungan masyarakat memperteguh PD pada anak. Eksklusi sosial akibat PD (pada fase ketiga) hanya akan berakhir manakala pelaku tidak lagi menampakkan PD. Peneliti merekomendasikan dilakukannya diagnosa awal atas gejala-gejala PD. Tujuannya adalah mengurangi risiko eksklusi sosial yang disebabkan PD.  
UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISGRAFIA (KESULITAN MENULIS) PADA SISWA KELAS RENDAH Vera Ironita Christiani Sihombing; Rahman Rahman; Vismaia Sabariah Damaianti
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.367 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8342

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada upaya guru dalam mengatasi disgarafia (kesulitan menulis) pada siswa kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya guru dalam mengatasi disgarafia (kesulitan menulis) pada siswa kelas rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian berupa uraian secara deskripstif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru-guru yang bersertifikasi dan pernah atau sedang menangani anak disgrafia. Teknik pengumpulan data berupa triangulasi data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yg pelaksanaan pembagian dan pengisian melalui aplikasi google form.  
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ASHATAL (ARAHAN SHALAT DIGITAL) BAGI SISWA KELAS II SD Rika Luviana; Dina Nuryani; Shelly Ainun Maulida; Ani Nur Aeni
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.771 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8878

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media audio visual ASHATAL (Arahan Shalat Digital) yang bertujuan untuk membantu siswa kelas II SD dalam memahami materi mengenai tata cara dan bacaan shalat, serta membantu guru untuk menyampaikan bahan ajar dengan menggunakan platform digital sehingga keterbatasan ruang dan waktu dapat teratasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Design & Development (D&D) dengan menggunakan model tahapan ADDIE. Pada tahap analisis, terdapat tiga aspek utama yaitu analisis materi pembelajaran, pengguna, dan perangkat yang digunakan. Desain media mengembangkan dua komponen yaitu audio dan visual dalam bentuk aplikasi buku digital. Media audio visual ASHATAL (Arahan Shalat Digital) diuji cobakan kepada guru Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa kelas II di salah satu SD Negeri di Kecamatan Sumedang Utara, dan ahli materi untuk mendapatkan penilaian terhadap pengembangan media yang digunakan. Berdasarkan penilaian  produk, diperoleh validasi dari ahli materi dengan rata-rata sebesar 100% terkait isi materi dan kualitas media. Penilaian dari guru Pendidikan Agama Islam (PAI) diperoleh rata-rata sebesar 100% terkait isi materi dan kualitas media. Serta penilaian yang dilakukan oleh siswa diperoleh rata-rata sebesar 86%. Hal tersebut membuktikan bahwasannya media audio visual ASHATAL (Arahan Shalat Digital) sangat cocok digunakan oleh siswa di sekolah dasar khususnya sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi bahan ajar kepada siswa.  
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MASA COVID-19 DI SDN KALANGANYAR Rifdah Ayu Fajri; Fitria Wulandari
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.539 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8531

Abstract

PPembelajaran IPA di sekolah dasar pada hakekatnya pembelajaran yang mengajarkan kepada siswa berupa fakta, konsep, dan teori berkenaan dengan semesta alam. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penerapan proses pembelajaran IPA harus dilakukan secara daring. kesulitan belajar siswa ini yang merupakan permasalahan penting untuk memahami konsep pembelajaran IPA, hal tersebut guru diharapakan mampu mengetahui dan mengidentifikasi pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dan faktor-faktor dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalanganyar Sedati. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis pemahaman konsep IPA menunjukkan bahwa 37,5% siswa kurang paham konsep, 50% siswa yang paham konsep, dan 12,5% siswa yang sangat paham konsep dalam pembelajaran IPA. Simpulan penelitian ini banyak siswa yang masih kurang paham konsep IPA dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Sehingga siswa tidak banyak memahami materi yang disampaikan oleh guru.  
PROSES PEMANFAATAN TABLET ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR Nur Febyanti; Trian Pamungkan Alamsyah; M. Taufik
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.303 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses belajar mengajar yang memanfaatkan tablet android sebagai media pembelajaran dan mendeskripsikan dampak dari proses pemanfaatan tablet android sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada pembelajaran online ini tablet android berperan sebagai media pembelajaran. Proses pembelajaran dimulai dengan melakukan sapaan, absensi, materi, tugas dan penutup. Umumnya runtutan pelaksanaan pembelajaran sama seperti biasanya, namun dilakukan secara online dengan media tablet android ini dan aplikasi penunjang lain di dalamnya seperti whatsapp dan youtube. Penyampaian materi dilakukan dengan bervariasi seperti melalui video pembelajaran, pesan suara dan pesan teks. Memanfaatkan tablet android dalam proses pelaksanaan pembelajaran ini berdampak pada peningkatakan keterampilan siswa dalam memanfaatkan tablet android untuk belajar. Walaupun belum dapat meningkatkan motivasi siswa selama belajar di rumah. 
DAMPAK BROKEN HOME TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK Ferent Ahda Awalia; imaniar Purbasari; Ika Oktavianti
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.026 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8485

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keluarga broken home terhadap peran orang tua dalam pendidikan, kebutuhan, sosial dan pembentukan karakter anak dan dampak broken home di Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan, dengan rumusan masalah kondisi keluarga broken home di Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan dan dampak broken home di Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilakukan di Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan, dengan mengambil subjek orang tua dan anak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data interaktif. Dari hasil analisis menunjukan bahwa kondisi keluarga broken home di Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan berbeda- beda, ada yang masih tetap baik dan ada yang tidak bergantung tingkat kesadaran orang tua yang berperan memenuhi kebutuhan anak. Kemudian pada keluarga broken home memberikan dampak pada perkembangan  psikologi anak.
IMPLEMENTASI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI SLB SRI MUJINAB PEKANBARU Yasni Yasni
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.89 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8982

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Hal ini diketahui dari 1) Kurangnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran 2) Perangkat pembelajaran hanya dijadikan sebagai pelengkap dan bukan untuk kebutuhan mengajar, 3) Sebagian guru lagi jika ditanya perangkat pembelajarannya menjawab tidak punya atau belum membuatnya, 4) guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran, padahal pada siswa kelas rendah, siswa sangat membutuhkan media sebagai alat bantu pembelajaran Bertolak dari pembatasan masalah, maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu apakah Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran dapat ditingkatkan  melalui Metode Pemberian Tugas di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah model Kurt Lewin. Konsep pokok PTS menurut Kurt Lewin terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Dari uraian pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran didapatkan pada siklus I sebesar 65% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan kategori sangat baik. 
PROBLEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SELAMA PANDEMI COVID-19 Faraditha Dwi Ramayani; Rahman Rahman; Vismaia Sabariah Damaianti
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.804 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8344

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul dalam pembelajaran menulis teks narasi di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru sekolah dasar saat mengajarkan pembelajaran menulis teks narasi selama pandemi covid-19. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan memberikan kuesioner dan melakukan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang guru sekolah dasar di kecamatan Bukit batu kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya guru sekolah dasar belum siap melakukan pembelajaran secara online. Kendala lain yang menghambat proses pembelajaran adalah kurangnya pemahaman guru dan siswa tentang penggunaan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Namun dukungan pemerintah yang telah membantu meringankan beban dengan memberikan subsidi kuota gratis kepada guru, siswa dan ketersediaan Wi-Fi dibeberapa daerah sepertinya belum bisa memaksimalkan digunakan untuk pembelajaran online.   
STUDI KOMPARASI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS DARING DI SEKOLAH DASAR Abdurrohman Sholih; Nafiah Nafiah; Syamsul Ghufron; Dewi Widiana Rahayu
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.98 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i3.8310

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa pada masa pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Student Team Achievement Division. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan nonequivalent group design. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas IV SDN Simomulyo I Sukomanunggal Surabaya, yaitu siswa kelas IV-G dan IV-H. Adapun uji keefektifan metode, data dianalisis menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, Apabila data keaktifan belajar siswa berdistribusi normal dan homogen menggunakan uji t-test, apabila tidak normal dan tidak homogen menggunakan Mann-Whitney U-Test. Untuk menganalisis secara deskriptif dilakukan dengan menganalisis  hasil lembar observasi mengetahui presentase nilai keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keaktifan belajara siswa pada kelas IV-G yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SDN Simomulyo I, capaian skor terendah keaktifan 37 atau 72,5% (sedang), tertinggi 51 atau 100% (tinggi), selebihnya berada di atas 80% (tinggi), dan skor rata-rata keaktifan adalah 46,27. (2) Keaktifan belajara siswa pada kelas IV-H yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di SDN Simomulyo I, capaian skor terendah keaktifan 39 atau 76,4% (sedang), tertinggi 51 atau 100% (tinggi), selebihnya berada di atas 80% (tinggi), dan skor rata-rata keaktifan adalah 46,00. (3) Tidak terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa di kelas IV-G yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan kelas IV-H yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di SDN Simomulyo I Surabaya pada taraf signifikasi 0,791 > 0,05. 

Page 1 of 3 | Total Record : 30